Kuliner / Khas Daerah / Nasi Goreng Beringharjo Maknyus dan Lezat

Nasi Goreng Beringharjo Maknyus dan Lezat

Nasi Goreng Beringharjo

Ketika berbicara tentang Nasi Goreng, tentu banyak sekali kreasi pembuatannya. Mulai dari bentuk, hiasan hingga rasa semua sudah banyak mencobanya. Khususnya, Nasi Goreng Beringharjo yang bisa Anda jumpai di jalan Mataram, tepatnya di pertigaan ketiga ke pasar di Yogyakarta. Nasi Goreng Beringharjo ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis nasi goreng yang patut Anda cicipi. Sudah diakui kelezatannya sejak tahun 1960-an ketika sang penjualnya memulai bisnis menjual nasi goreng ini. Anda membeli Nasi Goreng Beringharjo ini dengan datang mulai dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB untuk mencobanya.

Nasi goreng itu sendiri awal mulanya muncul dari bangsa Cina yang mana mereka mempunyai kebiasaan untuk tidak membuang sisa nasi, karena mereka sangat menghargai nasi. Sehingga jika ada sisa nasi mereka mengolahnya menjadi nasi goreng. Dengan semakin maraknya bangsa Cina yang bermigrasi ke Indonesia menjadikan orang-orang Indonesia menyukai nasi goreng. Ini merupakan salah satu bukti bahwa adanya akulturasi yang bisa di lihat dari berbagai macam jenis nasi goreng yang dijual diberbagai macam tempat. Salah satunya yakni Nasi Goreng beringharjo ini yang menawarkan rasa khas dari bahan tambahannya yakni daging ayam atau daging babi.

Berbicara mengenai resep pembuatannya tentu saja dimulai dari dagingnya yakni bisa daging ayam ataupun babi di cincang hingga berbentuk kecil-kecil lalu di goreng dengan diberi garam serta kecap secukupnya kemudian untuk nasinya di goreng dengan diberikan bumbu-bumbu dasar untuk pembuatan nasi goreng dengan beberapa hiasan tambahannya ketika penyajian yakni seperti beberapa irisan tomat, kol, daun seledri, telur dadar bulat dan juga acar sebagai bahan pelengkap sekaligus penambah rasa. Harga seporsi nasi goreng beringharjo ini pun terbilang sangat murah yakni hanya Rp. 5,000 untuk seporsi nasi goreng beringharjo daging ayam dan Rp. 6.000 untuk nasi goreng beringharjo daging babi.Walaupun harganya yang terbilang murah namun rasanya bukan termasuk makanan murahan loh, sebagian besar pembeli justru seringkali untuk membeli lebih dari 1 porsi karena kelezatannya yang membuat pembeli ingin makan dalam porsi yang lebih banyak. Untuk rasanya bisa dibilang mempunyai rasa yang tidak terlalu manis ataupun asin, aroma bawang putih yang kuat menjadi ciri khas Nasi Goreng ini. Bagaimana pasti Anda penasaran bukan untuk mencobanya? Silahkan datang dan coba sendiri bagaimana kelezatan Nasi Goreng Beringharjo ini.

 

 

Penulis: Wiwin Sunarti

Foto Profil dari Wiwin Sunarti

One comment

  1. Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Resep dan cara membuat sayur sop

Resep dan Cara Membuat Sayur Sop yang Sedap

Resep dan cara membuat sayur sop sedap – Masakan dengan cara yang ...